Selasa, 07 Agustus 2007

CERITA LAMA

Orang Yahudi memiliki cerita tentang dua orang yang mengadakan perjalanan bersama. Satu di antara mereka mengenal Tuhan dan sangat mengasihiNya sedangkan yang lain tidak percaya kepada Tuhan. Mereka membawa seekor keledai sebagai pembawa beban, seekor ayam untuk membangunkan mereka, dan sebuah obor untuk menerangi jalan.
Malam datang menjelang, mereka masuk ke sebuah desa untuk menginap. Namun, seluruh penduduk menutup rapat pintunya dan menolak kehadiran mereka. Mereka meneruskan perjalanan dan sampai di sebuah hutan. Orang yang tidak percaya kepada Tuhan berkata : “Saya pikir Tuhanmu itu baik, tetapi lihatlah tak ada seorangpun yang menerima kita!”
“Aku yakin Tuhan menyediakan tempat ini bagi kita!”
Sebelum tidur, keledai dan ayam diikat dalam satu pohon, sedangkan obor dipasang di akar pohon besar tempat mereka beristirahat. Tiba-tiba, terdengar auman singa dan ringkikan keledai. Singa itu telah menerkam keledai dan memangsannya.
Kedua orang itu menyelamatkan diri dengan memanjat pohon.
“Itukah kebaikan Tuhanmu?”
“Benar, Tuhan itu baik. Jika tidak ada keledai, pasti kita yang dimangsa.”
Beberapa saat kemudian, terdengar suara ayam ribut. Seekor kucing hutan menerkam ayam tersebut dan memangsanya.”
“Aku tidak mengerti dengan kebaikan Tuhanmu.”
“Sekali lagi Tuhan itu baik. Jeritan ayam telah menyelamatkan kita.”
Dalam suasana dingin dan tegang, tiba-tiba angin bertiup kencang dan obor penerang itu mati. Suasana gelap gulita dan mereka terpaksa tidur di pohon.
“Apalagi yang akan kamu ceritakan tentang kebaikan Tuhanmu?”
Pagi hari berikutnya, kedua orang itu menuju desa yang baru saja mereka lintasi. Namun suasana sepi. Rupanya segerombolan perampok telah menjarah desa.
“Tuhan itu baik. Ia tidak mengijinkan kita tidur di desa ini supaya kita selamat. Dan obor itu mati sehingga perampok tidak mengetahui tempat istirahat kita. Jelas bahwa TUHAN ITU BAIK!”

Tidak ada komentar: